Perluasan Bandara, Bupati Gresik Instruksikan Pembebasan Tanah

0
731 views

BupatiGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto langsung mengintruksikan Camat Tambak beserta Kepala Desa Tanjungori untuk segera berkoordinasi dengan warga terkait pembebasan lahan di kawasan Bandara Bawean.

Instruksi itu disampaikan Sambari merespons statemen Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan yang meminta segera dilakukan penambahan panjang landasan pacu (runway) Bandara Bawean.

Himbauan itu disampaikan Sambari sesaat sebelum Menhub bertolak ke Bandara Trunojoyo Sumenep. “Pak Camat dan Pak kades segera lakukan komonukasi dengan warga untuk pembebasan lahan sepanjang 400 meter lagi,” tegas Sambari, Rabu (23/9).

Bupati Sambari yang didampingi Wabub Moh Qosim juga menyatakan kesiapan pemerintah Gresik mengalokasikan anggaran pembebasan lahan Bandara Bawean melalui APBD Kabupaten Gresik.

“Sebelumnya pembebasan lahan Lapter seluas 68 hektar semuanya alokasi dari APBD Kabupaten. Jadi, untuk perpanjangan landasan 400 meter lagi pemda Gresik pasti siap,” ucap Sambari.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Tajungori Jumali mengatakan pihaknya segera melakukan pertemuan dengan warga dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Dia optimistis proses pembebasan lahan milik warga akan berjalan lancar.

“Segera sehabis Idul Adha ini akan dilakukan pertemuan dengan warga pemilik lahan dan tokoh masyarakat, setempat, dan saya yakin mereka akan paham karena sudah mendengar sendiri apa yang disampaikan pak menteri,” pungkasnya. [abr