Masuk Jajaran Ketua PBNU, Nusron Wahid Perkenalkan Ideologi NU ke Pemuda Kota

0
429 views

JAKARTA, BeritaGresik.com – Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid segera mempersiapkan suksesi kepemimpinan di organisasi sayap NU itu usai ditunjuk menjadi salah seorang Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Hal ini disampaikan Nusron Wahid usai pengumuman kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2015-2020.

“Saya bersama pengurus Ansor segera memper‎siapkan proses transisi kepemimpinan di GP Ansor. K‎ebetulan GP Ansor akan melaksanakan kongres akhir tahun ini atau awal tahun depan,” kata Nusron di Jakarta, Sabtu (22/5/2015).

Nusron menjelaskan proses dirinya masuk ke dalam kepengurusan PBNU setelah dipanggil tokoh senior NU, KH Mustofa Bisri beberapa waktu lalu.

“Saya dipanggil Pak KH Mustofa Bisri, saya pun sowan ke Rembang. Beliau meminta saya menghadap Pak Kiai Said dan ikut membantu Pak Said. Karena ini perintah, saya jalani,” papar dia.

Mengingat dirinya saat ini menjabat Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron pun menghadap ke Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Saya sudah meminta izin ke Pak Presiden dan Pak Wapres. Tidak ada masalah. Insya Allah saya bisa membagi waktu untuk tugas-tugas di BNP2TKI dan sebagai pengurus PBNU,” ujar Nusron.

Dia menambahkan, organisasi NU memiliki sejumlah tantangan. Salah satunya ialah ‘merangkul’ anak muda perkotaan untuk lebih mengenal NU.

“Bismillah. ‎Dengan menjadi salah satu pengurus saya berniat untuk mengabdi dan menata umat. Salah satu tantangan di masa mendatang adalah menghidupkan kultur Nahdlatul Ulama di kalangan remaja di perkotaan,” jelas Nusron.

Karena itu, dia mengatakan ingin meng-NU-kan anak muda di kota-kota. Agar usia pelajar dan pemula kenal NU dan ideologi NU.

“Praktis sekarang di NU masyarakat perkotaan, termasuk yang anaknya tokoh NU tidak tahu NU dan iklim NU. Ini tugas dan tantangan NU ke depan yang harus diperhatikan,” ucap Nusron.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj meyakini masuknya Nusron Wahid sebagai Kepala BNP2TKI dalam jajaran pengurus PBNU akan lebih mensinergikan visi NU dalam ikut berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan TKI.

“Banyak TKI dan TKW itu adalah orang-orang NU, jadi sudah pas lah ini ada Pak Nusron yang menjabat di BNP2TKI,” kata Said Aqil.