ITS Raih Presentasi Terbaik Riset Kelautan di Bawean

0
669 views

BeritaGresik.com – Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih juara atau presentasi terbaik dalam riset kelautan pada kegiatan “Maritime Conference fet Research Exhibition” 2015 atau pameran kelautan di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

“Kegiatan yang sengaja digelar di pulau terluar Kabupaten Gresik oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS Surabaya ini hanya merebutkan dua juara presentasi terbaik, dan juara pertama diraih ITS kemudian menyusul Institut Teknologi Bandung (ITB),” kata Panitia kegiatan, Ridza Whidyaningrum, Senin (24/8).

Ridza menjelaskan, tim ITS yang tergabung dalam kelompok “Passanger Kalimas Solarboat” (PKS) dan terdiri dari dua orang Fauzan Fikri dan Nityasa Manuswara Hakam Yoni Tanaya menyabet “Best Presentator” dan menyisihkan sembilan perguruan tinggi di Indonesia.

“Total peserta yang ikut dalam kegiatan pameran riset kelautan ini sebanyak 14 tim dari sembilan perguruan tinggi di antaranya ITS, ITB, UNY Yogyakarta, ITN Malang, Unesa Surabaya, Undip Semarang serta Universitas Ganesha Bali,” terangnya di Surabaya.

Menurut dia, tim ITS yang menjadi juara mengangkat gagasan “boat” dengan pengoperasian menggunakan “solar cell” atau tenaga matahari yang diletakkan di atap kapal, sehingga tenaga matahari itu dapat memenuhi semua kebutuhan listrik kapal.

“Dua tim penilai yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah Agro Wisudawan Dosen Teknik Kelautan ITS, dan Nino Krisnan dari “Community of Maritime Studies Indonesia” (CMSI),” ucapnya.

Kegiatan pameran ini merupakan satu rangkaian dengan acara konferensi mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia tingkat D3 dan S1 atau sederajat, dan bagian dari Indonesia Maritime Challenge (IMC) 2015 yang diselenggarakan BEM ITS Surabaya bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Maritime Challenge. [as]