Ricuh, Kapal Gili Iyang Tertahan di Pelabuhan Gresik

0
1,541 views
Ratusan calon penumpang memaksa naik ke kapal Gili Iyang. (Foto: BG/Zr)
Ratusan calon penumpang memaksa naik ke kapal Gili Iyang. (Foto: BG/Zr)

BeritaGresik.com – Kericuhan mewarnai rencana keberangkatan kapal Gili Iyang dari pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean. Jumlah penumpang yang membludak dan melebihi kapasitas kapal diduga sebagai pemicu kericuhan.

Akibatnya, kapal yang harusnya sudah berangkat pada pukul 21.30 Wib masih tertahan di pelabuhan Gresik hingga pukul 23.30 Wib. Kericuhan ini berawal ketika ratusan calon penumpang coba memaksa untuk tetap naik ke atas kapal.

Sementara jumlah penumpang yang ada di dalam kapal sudah melebihi manivest kapal. Bahkan, penumpang yang ada di pelabuhan Gresik saat itu diperkirakan mencapai 600 orang, sehingga kapal belum bisa berangkat ke Pulau Bawean.

Pantauan di lapangan, Jumat (24/6/2016) malam, ratusan calon penumpang yang memaksa naik ke kapal bersitegang dengan petugas. Kalah jumlah, petugas akhirnya menyerah dan membiarkan ratusan calon penumpang naik ke kapal.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait masalah tersebut, Kasi Kepelabuhanan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik, Nanang Efendi membenarkan kapal Gili Iyang belum bisa berangkat hingga pukul 21.30 Wib.

“Kapal masih belum berangkat. kita masih melakukan pendataan,” kata Nanang sambil menutup telpon. (zr)