Dibuatkan Jalan Darurat, Lingkar Bawean Tersambung

0
505 views
Jalan lingkar Bawean sudah tersambung lagi. (Foto: BG/Abr)
Jalan lingkar Bawean sudah tersambung lagi. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Setelah sempat terputus akibat ambles, jalan lingkar Bawean akhirnya tersambung kembali. Sambil menunggu perbaikan selesai, saat ini sudah dibuatkan jalan darurat yang dapat dilalui kendaraan roda empat.

Kontur tanah yang labil disertai hujan deras yang mengguyur Bawean Gresik beberapa waktu lalu sempat membuat jalan di Dusun Rengkeh, Kepuhlegundi, Tambak, ambles. Akibatnya, jalan penghubung dua kecamatan itu terputus.

Camat Tambak Narto mengatakan, pihak Muspika Tsmbak langsung bergerak cepat dengan membuatkan jalan darurat atau sementara setelah mendengar kabar bahwa jalan PU di kawasan Dusun Rengkeh Desa Kepuh Legundi ambles.

“Alhamdulillah Muspika Tambak sudah berkoordinasi dan memberi pengertian kepada pemilik tanah untuk membuat jalan darurat sementara. Ini sambil menunggu jalan utama diperbaiki,” kata Narto di Bawean, Jumat (24/6/2016).

Selain itu, Narto mengaku pihaknya sudah mengirim laporan tertulis kepada bupati terkait kejadian jalan ambles. Dia berharap Dinas PU Kabupaten Gresik segera mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki jalan yang ambles itu.

“Saya sudah laporan bupati, nanti biar PU yang neruskan, supaya cepat diperbaiki, ini kan mau lebaran. Intinya sekarang akses jalan sudah bisa dilalui meski lewat jalan darurat,” jelasnya.

Kepala UPT Dinas PU Bawean Moh. Zen mengatakan, saat ini pihaknya sudah menunjuk rekanan untuk perbaikan jalan utama yang ambles. Pihak rekanan sendiru diakui sudah langsung bekerja melakukan perbaikan jalan tersebut.

Adapun mengenai keberadaan jalan darurat, Moh Zen menjelaskan, saat ini jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan. “Untuk perbaikan jalan yang ambles langsung dikerjakan, langsung nunjuk rekanan,” pungkasnya. (abr)