Menimbang Nasib BUMD PT Gresik Samudra

0
761 views
(Foto: Dok. BG)
(Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Didirikan untuk menambah pundi-pundi keuangan daerah, BUMD PT Gresik Samudra malah nyenyak dalam tidur panjang. Bahkan, perusahaan di bidang kelautan ini tengah menanggung utang sebesar Rp 1 miliar.

Kondisi tersebut membuat DPRD Gresik gerah dan meminta Pemkab segera membubarkan BUMD Gresik Samudra. Berdasarkan hasil pembahasan LKPj Pemkab Gresik, Dewan menyebut PT Gresik Samudra tak bisa dipertahankan lagi.

Rekomendasi pembubaran BUMD Gresik Samudra bukan tanpa dasar. Sejak didirikan tiga tahun silam, perusahaan tersebut tak kunjung bangkit dari tidur panjangnya. Karena itu, Dewan meminta BUMD Gresik Samudra dibubarkan.

“Gresik Samudra tidak bisa diselamatkan lagi. Selama tiga tahun berdiri perusahaan tersebut tidak menunjukkan adanya perkembangan yang lebih baik,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Gresik, M Syfi’i akhir pekan lalu.

Tak hanya itu, belakangan juga mulai terkuak jika PT Gresik Samudra punya tanggungan utang sekitar Rp 1 miliar. Tanggungan ini menjadi batu sandungan pembubarannya. Karena jika harus dibubarkan, tunggakan harus dilunasi dulu.

Keinginan Dewan membubarkan BUMD Gresik Samudra rupanya tanpa gayung bersambut, Pemkab Gresik justru punya pandangan berbeda terkait nasib Gresik Samudra. Pemkab masih menyimpan harapan BUMD ini masih bisa bangkit.

Tak ingin buru-buru menutup PT Gresik Samudra, Pemkab tanpaknya ingin memberi kesempatan untuk berbenah dan bisa menghasilkan pundi-pundi bagi keuangan daerah. Peluang untuk itu dianggap masih tersedia bagi BUMD ini.

“Sekarang ini juga sudah ada tawaran dari pihak lain. Sebuah perusahaan cukup besar yang sudah cukup mapan dan memiliki perizinan lengkap,” ucap Sekda Pemkab Gresik, Bambang Isdianto.

Terkait tunggakan utang Rp 1 miliar Gresik Samudra, Bambang menyebut bahwa itu bukan utang. Tapi, tunggakan pembayaran gaji karenna selama ini Gresik Samudra tidak punya pemasukan sehingga tak bisa membayarnya. (wan)