Bandara Bawean Diresmikan Menteri Jonan 30 Januari 2016

Menteri Perhubungan RI Ignssius Jonan bersama anggota DPR RI Jazilul Fawaid saat melakukan uji landing Bandara Harun Thohir Bawean, Gresik, akhir 2015 lalu. (Foto: BG/Zur)

Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan bersama anggota DPR RI asal Bawean, Jazilul Fawaid, saat melakukan uji landing Bandara Harun Thohir di Bawean, Gresik, akhir 2015 lalu. (Foto: BG/Zur)

BeritaGresik.com – Harapan warga Bawean untuk bisa menikmati layanan transportasi udara tanpaknya bakal segera terwujud. Hal ini menyusul akan diresmikannya Bandara Harun Thohir pada 30 Januari 2016 mendatang.

Rencananya, Bandara Harun Thohir akan diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan. Peresmian bandara sekaligus menandai beroperasinya penerbangan pesawat perintis rute Bawean-Surabaya dengan menggunakan pesawat milik PT Airfast.

Kabar soal rencana peresmian Bandara Bawean ini dikemukakan anggota DPR RI asal Pulau Bawean, Jazilul Fawaid. “Peresmian Bandara Harun Bawean akan dilaksanakan 30 Januari, sekaligus peluncuran pesawat perintis,” kata Jazil kepada beritagresik.com, Sabtu (23/1).

Selain Menteri Jonan, peresmian bandara yang sekaligus peluncuran penerbangan perintis perdana ini juga akan dihadiri anggota DPR RI asal Pulau Bawean Jazilul Fawaid, Dirjen Udara Kementerian Perhubungan, beserta jajaran Koarmatim Wilayah Timur.

Jazil mengaku senang mendengar kabar rencana peresmian Bandara Bawean. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap peresmian bandara akan mempercepat kemajuan Pulau Bawean. Pengoperasian bandara juga diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi warga.

“Alhamdulillah, perjuangan saya selaku anggota DPR RI putera Bawean terwujud. Terima kasih kepada Pak Menteri Perhubungan yang memprioritaskan pengoperasian Bandara Bawean.  Dengan harapan, ini akan mempercepat akses kemajuan Bawean,” tandasnya.

PT Airfast selaku operator pemenang tender akan mengoperasikan satu pesawat terbang jenis Twin Otter DHAC 300 berkapasitas angkut 15 penumpang. Mereka akan melayani penerbangan rute Surabaya-Bawean dan sebaliknya dengan tarif sekitar Rp305.000. (zr)

No Response