Catatan Menhub Sebelum Bandara Bawean Resmi Beroperasi

0
1,067 views

BeritaGresik.com – Kedatangan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Ignasius Jonan bersama anggota Komisi V DPR RI Jazilul Fawaid ke Bandara Bawean berlangsung cukup singkat. Pesawat jenis King Air B200 yang ditumpanginya mendarat di Bandara Bawean sekitar pukul 13.45 Wib, Rabu (23/09).

Menteri Jonan berada di Bandara Bawean hanya sekitar 35 menit. Selepas acara, mantan Dirut Kereta Api Indonesia itu langsung melanjutkan perjalannya untuk meninjau Bandara Trunojoyo di Sumenep Madura.

Dalam kesempatan bertemu dengan warga Bawean, Menteri Jonan menyampaikan sejumlah catatan yang perlu dibenahi sebelum Bandara Bawean resmi beroperasi akhir Desember 2015.

Menteri Jonan-Bandara Bawean 1

Pertama, Jonan menyoroti kondisi landasan pacu (runway) sepanjang 900 meter. Menurut dia, disamping perlu penambahan sepanjang 400 meter, landasan pacu Bandara Bawean juga perlu segera dilakukan pemagaran.

Dia menjelaskan, pemasangan pagar landasan perlu segera dilakukan demi keamanan. Dengan begitu, landasan pacu bandara tidak bisa dilintasi hewan ternak maupun gangguan lainnya.

Catatan kedua, Jonan menekankan agar lampu runway segera dipasang. Hal itu diperlukan agar pesawat tetap bisa mendarat dalam kondisi cuaca buruk. “Kalau landasannya tidak ada lampu, saat cuaca buruk nanti pesawatnya tidak bisa mendarat,” ujar Jonan.

Selain itu, Menhub meminta agar pemasangan alat navigasi bandara segera dilakukan, mengingat hal itu akan menjadi pemandu lalu lintas udara di Bandara Bawean. [abr]