Pantura Gresik Berpotensi Jadi Titik Macet Saat Lebaran

0
516 views

BeritaGresik.com – Sejumlah ruas jalan raya di kawasan Gresik-Lamongan berpotensi menjadi titik kemacetan pada musim mudik Idul Fitri1436 Hijriah. Kondisi ini dipicu adanya perbaikan jembatan yang tak kunjung selesai hingga pekan pertama Ramadan ini.

Setidaknya ada dua jembatan yang sedang diperbaiki di jalur Pantai Utara (Pantura) Gresik- Lamongan. Pertama, di Jembatan Manyar dan Jembatan Gumeno atau lebih dikenal dengan Jembatan Tanggok. Perbaikan kedua jembatan tersebut diprediksi selesai sebelum H-7 Lebaran. Jika tidak selesai, dua titik ini akan menjadi titik kemacetan.

“Sekarang penggarapannya sudah 50%. Kami harapkan sebelum lebaran atau H-7 Lebaran sudah tuntas,” ujar Ir Bambang Isdianto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik, Senin (23/6).

Adapun jalur selatan yang mengalami kerusakan berada di wilayah Cerme, Menganti, dan terparah di wilayah Driyorejo, tepatnya di Jalan Legundi hingga Wringinanom. Jalanan di kawasan ini bergelombang dan berlubang dilalui kendaraan bertonase besar.

“Legundi kemudian ke wilayah Wringinanom dan sebagian di Menganti dan Cerme rusak. Sedangkan jalan Kabupaten yang cukup parah di wilayah Balongpanggang,” ujar Lono, 51, warga Balongpanggang.

Bergeser ke Kabupaten Lamongan, kerusakan jalan seperti bergelombang dan berlubang terjadi hampir di semua jalur nasional, provinsi, maupun kabupaten. Hanya terparah di Jalur Daendels maupun jalur Lamongan Kota sampai Kecamatan Babat. [sind/as]