Terminal Lumpur Rawan Bikin Macet

0
1,481 views
Kondisi jalanan di Jalan RE Martadinata. (Foto: BG/Wan)
Kondisi jalanan di Jalan RE Martadinata. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com –¬†Keberadaan Terminal Maulana Malik Ibrahim di Kelurahan Lumpur dinilai bakal membuat Jalan RE Martadinata macet total. Selain banyak dilalui dump truk dan trailer, jalan yang bergelombang bakal menambah kemacetan jalan.

Ketua Koperasi Al Farisi, Anang Bachrudin, mengatakan kemacetan bakal terjadi karena banyaknya dump truk yang melintas di sekitar lokasi terminal. Sementara sulit menerapkan jam beroperasi bagi truk-truk tersebut.

Karena itu, pihaknya meminta agar pemerintah segera melakukan perbaikan Jalan RE Martadinata. “Itu satu-satunya solusi.¬†Peziarah datangnya juga tidak tentu, jadi percuma kalau dikasih jam operasional,” kata Anang.

Menurut dia, sistem lalu lintas bus wisata satu arah bisa meminimalisir kamacetan. Sebab, antara jalur kedatangan dan jalur pulang tidak bertemu disatu titik.

“Hanya saja, kalau jalannya masih bergelombang, truk-truk jalannya lambat sehingga membuat kendaraan di belakangnya menumpuk,” ujarnya.

Dia menambahkan, jalan merupakan persoalan satu-satunya yang harus ditindaklanjuti. “Pertigaan di depan Pelabuhan Gresik memang kemungkinan macetnya paling tinggi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasie) Pengendalian dan Operasional Dishub Gresik, Hary Wahyu, mengatakan saat ini sedang dicarikan solusi guna mengatasi persoalan itu. Apakah dengan memberlakukan jam operasional atau yang lainnya.

“Kalau jam operasional, kedatangan peziarah tidak menentu, jadi memang agak sulit,” terangnya singkat saat berada di lokasi.(wan).