Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Desa di Bawean Dilanda Banjir

0
1,265 views
Banjir melanda sejumlah desa di Kecamatan Sangkapura Bawean, Gresik. (Foto: BG/Zr)
Banjir melanda sejumlah desa di Kecamatan Sangkapura Bawean, Gresik. (Foto: BG/Zr)

BeritaGresik.com – Sejumlah desa di Kecamatan Sangkapura, Bawean dilanda banjir. Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan air di sejumlah sungai kecil meluap ke areal sawah dan pemukiman warga.

Camat Sangkapura Abdul Adim, Selasa (23/2/2016) mengatakan, hujan deras membuat sungai-sungai kecil di daerah Sangkapura tak mampu menahan tingginya volume air. Akibatnya, air meluap ke rumah-rumah warga.

Menurut dia, banjir tahunan ini kerap melanda kawasan Sangkapura Kota yang meliputi Desa Sawah Mulya dan Desa Kota Kusuma. “Setiap tahun daerah Sawah Mulya dan Kota Kusuma selalu jadi langganan banjir,” terang Adim.

Curah hujan tinggi belakangan ini kerap membuat jalan-jalan di Bawean tergenang air. (Foto: BG/Zr)
Curah hujan tinggi belakangan ini kerap membuat jalan-jalan di Bawean tergenang air. (Foto: BG/Zr)

Selain dua desa itu, daerah lain yang sering menjadi langganan banjir tahunan antara lain Desa Lebak, Desa Sawah Rujing, Desa Daun dan beberapa daerah lainnya, terutama desa-desa yang terletak di dataran rendah.

“Biasanya yang juga menjadi langganan banjir itu Desa Lebak, Desa Daun dan Sawah Rujing,” ucapnya.

Tingginya curah hujan di Pulau Bawean pada Selasa (23/2/2016), tak hanya membuat rumah warga di beberapa desa di Sangkapura tergenang air, tapi juga merendam areal pertanian milik warga. Bahkan tak sedikit tanaman padi yang rusak.

Atas kejadian itu, Camat Sangkapura mengaku sudah menyampaikan kejadian itu kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik. “Saya juga sudah lapor ke Bapak Bupati dan Pak Wabub lewat Pesan WA, dan surat resmi akan dikirim besok,” pungkasnya. (abr)