Gema Hari Santri Nasional di Kota Santri Gresik

0
2,379 views
Ribuan santri di Gresik menggelar kirab perayaan Hari Satri Nasional, Sabtu (22/10/2016). (Foto: Istimewa)
Ribuan santri di Gresik menggelar kirab perayaan Hari Satri Nasional, Sabtu (22/10/2016). (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Heroisme perayaan Hari Santri Nasional (HSN) juga menggema di Kota Santri, Gresik. Sekitar 5000 santri beserta alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin menggelar kirab perayaan HSN, Sabtu (22/10/2016).

“Momentum hari santri ini memang kita manfaatkan betul untuk penguatan kembali semangat nasionalisme bagi para santri dan alumni,”┬ákata Ketua Umum Himpunan Alumni Mambaus Sholihin (HIMAM), Maftuh.

Menurut dia, kirab perayaan hari santri kali ini juga diserta dengan pemberian doorprice bagi para peserta kirab. “Jadi, tidak hanya sekedar kirab, kami juga menyediakan doorprice,” terang Maftuh.

Sememtara itu, KH. Abd Muqsith yang mewakili pengasuh pesantren Mambaus Sholihin dalam sambutan pelepasan peserta kirab menyampaikan ucapan syukur atas ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Menurut dia, dengan adanya hari santri, negara telah mengakui peran besar santri, khususnya dalam perjuangan mempertahankan kermerdekaan Negara Kesatuan Rapublik Indonesia (NKRI).

Ia menilai, para pejuang kemerdekaan yang dimotori oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari melalui Resolusi Jihad punya makna tersendiri. Bagi kaum santri, cinta tanah air merupakan manifestasi keimananan kepada Allah dan Rasulnya.

Dia menambahkan, pada masa perjuangan kemerdekaan, cinta tanah air diwujudkan dalam bentuk berjuang mengusir penjajah. Namun, kini perjuangan itu bisa diwujudkan dalam bentuk dedikasi untuk membangun bangsa dari berbagai aspek.

Dengan berbagai kostum yang merepresentasikan tradisi santri, 5000 peserta kirab dengan tertib dan penuh semangat mengelilingi kota gresik diselingi yel-yel santri.

Di penghujung acara, peserta semakin riuh saat tiba pengundian kupon berhadiah total Rp 25 juta, teridiri dari kulkas, TV LED 21′, mesin cuci, dan kelengkapan rumah tangga lainnya. (as)