KPU Gresik Hanya Sediakan Satu TPS Khusus

0
505 views
Tempat Pemungutan Suara (TPS) (Foto: tempo.co)
Tempat Pemungutan Suara (TPS) (Foto: tempo.co)

BeritaGresik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik hanya akan menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus saat pelaksanaan Pilkada Gresik 9 Desember 2015. Jumlah itu terbilang sedikit dari total sebanyak 2.193 TPS.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Gresik Sidiq Notonegoro mengatakan, TPS khusus tersebut diletakkan di rumah tahanan kelas II B Kec. Cerme. Jumlah pemilih sudah terdata lengkap dalam DPT, yakni sekitar 130 pemilih.

“Pada Pilkada Desember 2015, kami hanya menyediakan satu TPS khusus, yakni di rumah tahanan kawasan Cerme, sebab pemilihnya terdata jelas berjumlah 130 pemilih,” kata Sidiq di Gresik, Kamis (22/10/2015).

Menurut dia, lokasi lainnya seperti di rumah sakit tidak perlu disiapkan TPS khusus, karena jumlah pemilihnya tidak jelas. Selain itu, para pasien di rumah sakit dikatakan bisa keluar masuk dalam satu waktu.

“Selain rutan, tidak ada TPS khusus seperti di rumah sakit, sebab kami menilai tidak bisa optimal dilakukan karena kalau di rumah sakit pasiennya bisa keluar dan masuk,” tandasnya.

Kendati begitu, Sidiq menegaskan bahwa hak suara pasien akan tetap terakomodir melalui sejumlah TPS terdekat, dengan catatan mereka terlebih dulu melakukan perpindahan menggunakan form A5.

“Persyaratan itu bisa diambil langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan upaya itu adalah bagian dari langkah KPU memberikan hak politik warga negara,” ujarnya.

Seperti diketahui, jumlah pemilih dalam pelaksanaan Pilkada Gresik yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang mencapai 921.440 orang. Jumlah itu berdasarkan dengan DPT yang sudah ditetapkan KPU Gresik. [ant/zr]