40 Rumah di Gresik Rusak Diterjang Puting Beliung

0
2,606 views
Angin puting beliung menerjang puluhan rumah warga di Manyar Gresik, Rabu (21/9/2016). (Foto: Huda)
Angin puting beliung menerjang puluhan rumah warga di Manyar Gresik, Rabu (21/9/2016). (Foto: Huda)

BeritaGresik.com – Puluhan rumah di dua desa di Gresik mengalami rusak berat setelah diterjang angin puting beliung, Rabu (21/9/2016). Puting beliung menimpa rumah warga di Desa Manyar Sidorukun dan Manyar Sidomukti.

Meski tak ada korban jiwa, angin kencang disertai hujan itu menyebabkan dua orang warga Manyar Sidorukun harus menjalani perawatan di puskesmas lantaran mengalami luka pada bagian kepala.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, Abu Hassan mengatakan, sebanyak 40 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan di bagian atap dengan total kerugian sekitar Rp 50 Juta.

“Kita segera menerjunkan tim teknis untuk menghitung jumlah kerugian materi yang dialami warga untuk selanjutnya diusulkan ke Bupati agar diberi ganti rugi,” kata Hassan Rabu (21/9/2016).

Meneurut keterangan Kepala Desa Sidorukun Manyar, Suudi, peristiwa itu terjadi aekitar pukul 12.00 Wib. Selain memporakporandakan atap atap rumah warga, puting beliung juga menerjang atap sebuah masjid di Manyar.

Pemerintah desa setempat bersama muspika dan Pemkab Gresik memastikan sat ini ┬ásituasi di desa setempat sudah aman terkendali. “Insyaallah akan ada santunan kerusakan,” kata kades. (zr)