Banyak Pejabat di Gresik Tak Paham Tax Amnesty

0
645 views
Sosialisasi tax amnesty di Kantor Pemkab Gresik. (Foto: Istimewa)
Sosialisasi tax amnesty di Kantor Pemkab Gresik. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Kendati sudah kerap disosialisasikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ternyata masih banyak pejabat di daerah termasuk di Gresik yang belum paham kebijakan nasional tentang tax amnesty atau pengampunan pajak.

Hal itu diakui Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menghadiri acara sosialisasi tax amnesty yang diikuti oleh seluruh kepala SKPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik di Ruang Graita Eka Praja, Senin (22/8/2016).

“Selama ini kita sudah mendengar tentang Tax Amnesty. Namun, saya akui masih banyak yang belum paham. Untuk itu, agar semua Kepala SKPD mengikuti penjelasan KPP Pajak sampai tuntas,” tutur Sambari.

Dia juga menekankan kepada para bawahannya agar menanyakan apa saja yang dirasa masih mengganjal dan kurang paham. “Tanyakan hal-hal yang masih mengganjal dan kurang paham, agar nantinya tidak salah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Gresik Utara Ismail menjelaskan, pada hakikatnya tax amnesty itu adalah penghapusan pajak yang seharusnya terhutang.

“Wajib pajak menyampaikan seluruh harta yang belum terhitung saat pengisian SPT terdahulu. Lalu membayar uang tebusan, wajib pajak bebas sanksi administrasi dan sanksi pidana bidang perpajakan,” jelasnya.

Selain penghapusan pajak terutang dan tidak dikenai sanksi administrasi dan pidana perpajakan, wajib pajak tidak dilakukan pemeriksaan dan penghentian pemeriksaan bukti permulaan dan penyidikan.

“Serta adanya jaminan kerahasiaan data wajib pajak dari berbagai institusi manapun” ujarnya. (sdm/as)