Khataman Massal 3,2 Juta Orang Catatkan Rekor Muri

0
316 views
Penyerahan rekor Muri untuk khataman serentak 3,2 juta orang.
Penyerahan rekor Muri untuk khataman serentak 3,2 juta orang.

BeritaGresik.com – Gerakan Nusantara Mengaji berupa khataman serentak yang melibatkan 3,2 juta orang mencatatkan rekor baru di Musium Rekor Indonesia (Muri). Khataman serentak ini bahkan disebut sebagai yang terbanyak di dunia.

Dengan capaian itu, Ketua Koordinator Nasional Gerakan Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, agar kesadaran dan kebiasaan membaca kitab suci Al Quran terus dibangun, utamanya melalui momentum peringatan Nuzulul Quran.

“Mari kita terus gelorakan membaca Al Quran melalui momentum Peristiwa Nuzulul Quran ini,” kata Jazilul Fawaid, yang juga anggota DPR RI dari FPKB ini melalui siaran pers yang dilansir pada Selasa (21/6/2016).

Atas catatan rekor baru tersebut, Muri meyerahkan piagam pengakuan rekor untuk khataman serentak. Piagam itu diserahkan dalam peringatan Nuzulul Quran yang digelar di Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat, Selasa malam.

Khataman massal tersebut berhasil menamatkan bacaan 30 juz Al Quran dalam waktu 24 jam pada 7-8 Mei 2016. Adapun total khataman dari kegiatan itu tercatat mencapai 342.000 kali.

Jazilul mengingatkan, bahwa capaian ini harus disikapi bukan sebagai bentuk kebanggaan diri. “Ini adalah syiar, betapa umat Islam memang rindu untuk terus berinteraksi dengan Al Quran,” ucapnya.

Pendiri Muri, Jaya Suprana, langsung menyerahkan piagam pengakuan rekor tersebut kepada Koordinator Nasional Gerakan Nusantara Mengaji.

Hadir dalam peringatan Nuzulul Quran dan penganugerahan piagam ini antara lain inisiator Gerakan Nusantara Mengaji, A Muhaimin Iskandar dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri.

Selain itu, tanpak pula anggota DPR Abdul Kadir Karding, Menteri Desa Marwan Jafar, serta Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. (as)