Buat E-KTP Kini Cukup Bawa Fotocopy KK

0
856 views
(Foto: Kab. Gresik)
(Foto: Kab. Gresik)

BeritaGresik.com – Perekaman atau mengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) rusak kini tidak perlu lagi membawa surat pengantar RT, RW, kelurahan atau kecamatan. Pemohon cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) ke Kantor Dispendukcapil.

”Cukup menunjukkan fotocopy KK ke kantor. Hanya sehari KTP elektronik sudah bisa kami terbitkan,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Gresik, Hermanto TH. Sianturi melalui Kabag Humas Suyono Rabu (18/5/2016) yang lalu.

E-KTP pemohon bisa terbit dalam waktu satu hari bagi pemohon yang datanya sudah terekam di data base. Namun, bagi pemohon baru yang belum terekam, dijanjikan E-KTP sudah terbit maksimal satu minggu setelah perekaman.

Menurut mantan Kepala Bapeda Gresik ini, penerbitan E-KTP bagi pemohon baru relatif lama karena datanya masih harus dikirim ke pusat data. “Biasanya juga gak terlalu lama, kadang sehari sesudahnya bisa dicetak,” terangnya.

Percepatan proses penerbitan KTP elektronik tersebut sesuai surat mendagri nomer 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016. Berdasarkan surat tersebut, Dispendukcapil Kabupaten Gresik membuka beberapa tempat perekaman.

Selain di Kantor Dispenduk Capil di Jalan Wakhid Hasyim, setidaknya sudah ada dua tempat lain, yaitu di wilayah utara ditempatkan di Kantor Kecamatan Sidayu dan di Wilayah Selatan ada di Kantor Kecamatan Kedamean. (as)