Warga Gresik Diajak Salat Gerhana 9 Maret 2016

0
878 views
Foto: Ilustrasi gerhana matahari total
Foto: Ilustrasi gerhana matahari total

BeritaGresik.com – Lembaga Falakiyah PCNU Gresik mengajak warga Gresik untuk menggelar salat gerhana matahari serta memperbanyak dzikir dan kegiatan sosial pada saat terjadinya peristiwa gerhana matahari total 9 Maret 2016 mendatang.

Ajakan itu tertuang dalam sebuah surat pengumuman Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Gresik dengan nomor surat 052/LFNU/II/2016. Dalam surat tersebut dikatakan, bahwa akan terjadi gerhana matahari total pada Rabu 9 Maret 2016.

Menurut surat yang ditandatangani oleh Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Gresik, H. Masluch Al Fanani dan Sekretaris Muchyiddin, S.Si, gerhana meliputi Asia Timur, Asia Tenggara, Australia dan Samudera Pasifik. Gerhana dimulai pada pukul 23:19:18 UT hingga pukul 04:24:54 UT.

Secara garis besar disebutkan, wilayah Indonesia yang bisa menyaksikan peristiwa langka itu meliputi Palembang, Babel, Pangkalan Bun, Sampit, Amuntai, Palangkaraya, Luwuk, Poso, Balikpapan, Ternate, Tanah Grogot dan Palu.

“Wilayah Indonesia lainnya bisa untuk menyaksikan gerhana, tetapi hanya parsial. Sedangkan untuk wilayah Gresik akan terjadi gerhana matahari sebagian pada pukul 06:21:28 sampai 08:39:34 Wib,” demikian bunyi surat Falakiyah PCNU Kabupaten Gresik tertanggal 20 Februari 2016.

Untuk itu, warga Nahdliyin dan masyarakat Kabupaten Gresik pada umumnya dimohon menggelar salat gerhana matahari, lalu memperbanyak berdzikir, serta melakukan kegiatan sosial lainnya. (as)