PT Airfast Undur Jadwal Penerbangan Perintis di Jatim

0
1,100 views
Landasan pacu bandara Harun Thohir di Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)
Landasan pacu bandara Harun Thohir di Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Jadwal penerbangan pesawat perintis ke sejumlah kota/kabupaten di Jawa Timur diundur dari 26 Januari ke 28 Januari, termasuk jadwal penerbangan rute Surabaya-Bawean.

“Sesuai informasi dari manajemen maskapai yang menjadi operator penerbangan perintis, yakni PT Airfast, penerbangan perdana pesawatnya untuk melayani jalur perintis akan dilaksanakan pada 28 Januari 2016,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Kamis (21/1/2016).

Seperti diketahui, sebelumnya pesawat milik PT Airfast akan memulai penerbangan perintis di beberapa bandara di Jatim pada 26 Januari dan pada 25 Januari 2016. Penerbangan perdana itu dijadwalkan untuk mengecek rute jalur perintis yang jadi tanggungjawabnya.

PT Airfast menjadi operator penerbangan perintis yang jangkauan pelayanannya ke sejumlah kota/kabupaten di Jawa Timur pada tahun ini, yakni Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, dan Surabaya-Bawean (Gresik) dan sebaliknya.

“Informasi tentang mundurnya jadwal penerbangan perdana pesawat perintis itu baru kami terima pada Kamis (21/1) pagi ini,” kata Wahyu, menerangkan.

Ia menjelaskan, pesawat milik PT Airfast yang akan melayani jalur perintis tersebut dalam proses akhir perawatan tahunan.

“Pesawatnya sudah ada dan sekarang masih di Balikpapan. Kalau semuanya berjalan lancar, pesawat tersebut akan tiba di Bandara Trunojoyo Sumenep pada 26 Januari dan pada 27 Januari akan melakukan penerbangan cek rute jalur perintis,” ujarnya.

PT Airfast akan mengoperasikan satu pesawat terbang jenis Twin Otter DHAC 300 dengan kapasitas angkut 15 penumpang guna melayani jalur penerbangan perintis yang jangkauan pelayanannya ke sejumlah bandara di Jawa Timur.

Secara keseluruhan, jalur penerbangan perintis yang akan dilayani oleh pesawat PT Airfast pada tahun ini adalah Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, Surabaya-Bawean dan sebaliknya, Surabaya-Karimunjawa (Jawa Tengah) dan sebaliknya, dan Karimunjawa