Cuaca Buruk, Ratusan Warga Bawean Tertahan di Gresik

0
1,070 views
Cuaca buruk membuat sejumlah kapal penyeberangan Gresik-Bawean tidak beroperasi. (Foto: BG/Wan)
Cuaca buruk membuat sejumlah kapal di Pelabuhan Gresik yang melayani rute Gresik-Bawean tidak beroperasi. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Cuaca buruk disertai gelombang tinggi di laut Jawa membuat sejumlah kapal penyeberangan rute Gresik-Bawean berhenti beroperasi. Akibatnya, ratusan warga Bawean tertahan di penginapan yang ada di Gresik.

Kondisi ini sudah terjadi sejak lima hari terakhir, tepatnya mulai 16 Desember lalu. Meskipun dua hari lalu ratusan warga sudah diangkut kapal Leuser rute Surabaya-Kalimantan, masih saja banyak warga Bawean yang tertahan di Gresik.

Tidak hanya warga yang biasa bepergian ke Gresik untuk keperluan berdagang yang berharap kondisi cuaca segera membaik, sekitar 95 santri atau pelajar asal Bawean juga menyimpan harapan segera bisa pulang kampung ke Bawean.

Humas KSOP Gresik Nanang Afandi mengatakan, gelombang tinggi di laut Jawa mencapai 5 meter dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya, baik kapal cepat maupun jenis kapal motor dengan tujuan Bawean juga tidak dapat berlayar.

Sementara menurut Kasi Keselamatan Adpel Gresik, Turmanto, khusus kapal penumpang pihaknya belum dapat memastikan bisa berangkat atau belum. “Untuk kapal penumpang sementara belum, sambil nunggu sikon,” kata Turmanto.

Namun, sempat beredar kabar jika pada Selasa (22/12) besok, kapal Expres Bahari akan berangkat dari Gresik ke ke Pulau Bawea. Hal itu dibenarkan Kacab PT. SIM Gresik, Revan Syah Putra. “Ia, rencananya besok berangkat,” ujar Revan. [wan/abr]