Menteri Jonan Ceritakan Pengalaman Uji Coba Bandara Bawean

0
1,191 views
Menteri Jonan di acara "Rembuk Nasional Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Selasa (20/10/2015)
Menteri Jonan di acara “Rembuk Nasional Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Selasa (20/10/2015)

BeritaGresik.com – Momen saat tes landing Bandara Bawean sebulan lalu ternyata belum hilang dari ingatan Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan. Waktu itu dia ditemani anggota Komisi V DPR RI asal Bawean Jazilul Fawaid.

Pengalaman itu diungkapkan Jonan saat menghadiri “Rembuk Nasional Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK: Kedaulatan Pangan, Pembangunan Energi dan Keunggulan Maritim” di Balai Sarwono, Jakarta Selatan, Selasa (20/10).

Pada kesempatan ini, Jonan sempat menyinggung soal program perpanjangan dan pelebaran landasan (runway) di berbagai bandara di Indonesia, termasuk salah satunya bandara yang terdapat di Pulau Bawean.

Hampir semua saya sudah kunjungi bandara. Bawean sudah selesai pelebaran runway. Tes landing Bawean saya sendiri. Orang Banggar DPR (Jazilul Fawaid) saya ajak, lalu nanya ini kalau jatuh gimana? Ya mati. Pegangan saja yang kencang,” ucapnya.

Jonan berencana memperbaiki landasan pacu di 237 bandara, serta perbaikan di pelabuhan yang saat ini berjumlah 1241. “Kita juga akan bangun 15 bandara baru di daerah bencana dan daerah terluar,” terangnya.

Dia mencontohkan sejumlah bandara di beberapa daerah terpencil yang sudah dibangun dengan standar yang cukup baik seperti di Manokwari, Tual, Takengon, Pulau Rote, Bawean, dan Berau.

“Pernah ke sana? Kondisinya bagus kan, padahal itu Kemenhub yang perbaiki, bukan Angkasa Pura, saya targetkan panjang landasan pacu nanti bisa lebih dari 2.000 meter, jadi biar pesawat besar bisa mendarat, “ tandasnya. [as]