Buruh Gresik Tuntut Kenaikan UMK Rp 3 Juta Lebih

0
2,453 views
Buruh Gresik menuntut kenaikan upah minimum kota/kabupaten (UMK) 2016 (Foto: beritagresik.com)
Buruh Gresik menuntut kenaikan upah minimum kota/kabupaten (UMK) 2016 (Foto: beritagresik.com)

BeritaGresik.com – Ribuan buruh Gresik turun ke jalan menuntut kenaikan upah minimum kota/kabupaten (UMK) tahun 2016 sekitar Rp 3,2 juta. Angka itu mengalami kenaikan sebanyak 22% dari sebelumnya Rp 2,7 juta.

Tuntutan kenaikan UMK yang disampaikan buruh di kawasan Gresik hampir sama dengan buruh yang berada di kawasan industri atau ring I Jatim lainnya seperti Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, dan Mojokerto.

Aksi massa ini menyebabkan akses sejumlah ruas jalan di wilayah Gresik menjadi macet. Konvoi ribuan buruh juga menyebabkan kemacetan panjang di jalan Pantura yang menghubungkan Gresik dengan Tuban.

Para buruh berasal dari berbagai perusahaan yang ada di wilayah Gresik seperti daerah Sedayu, Bungah dan Manyar. Massa buruh bergerak menuju Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik dan Disnaker Gresik.

Mereka meminta pemerintah serius dengan penetapan upah buruh, bukan hanya berdasarkan belas kasihan. Buruh berharap adanya kenaikan upah sesuai dengan kebutuhan hidup dan kondisi saat ini. [mn]