71 Kendaraan Hias Bakal Ramaikan Karnaval Bhinneka Tunggal Ika di Gresik

Pawai karnaval pada HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 yang lalu di Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gresik kembali akan menyelenggarakan karnaval dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019.

Even bertajuk “Bhinneka Tunggal Ika, Kita menuju Indonesia Unggul” ini nantinya akan mengusung kebudayaan nusantara. Sebanyak 71 kendaraan hias dengan ukuran maksimal panjang 6 meter, lebar 3 meter dan tinggi 3 meter.

Rencananya, pawai karnaval ini akan diberangkatkan langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim dari Kantornya pada Kamis (22/8/2019) siang.

Miniatur rumah khas budaya nusantara akan berparade. Selain itu, panitia juga menyertakan kendaraan bertema bunga. Kendaraan akan melintasi Jalan Wahidin Sudirohusodo, Jalan Dokter Sutomo, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Pahlawan dan berakhir di Alun-alun Gresik.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno, jumlah kendaraan karnaval kali ini sebanyak 71 kendaraan, yang terdiri atas 5 kendaraan komunitas, 49 kendaraan Bhinneka Tunggal Ika dan 17 kendaraan pawai bunga.

“Tema ‘Bhinneka Tunggal Ika’ dalam Peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini adalah gambaran konkret Kabupaten Gresik sebagai kota yang penuh keragaman, baik suku bangsa maupun agama. Pemkab Gresik menjunjung tinggi persatuan. Kita berbeda, tetap satu Indonesia. NKRI harga mati,” tegasnya.

Sutrisno berharap seluruh masyarakat Gresik ikut menyaksikan kemeriahan ini guna mengenal lebih falam beragam budaya dari seluruh Indonesia. Sehingga diharapkan bisa saling memahami dan meningkatkan toleransi diantara sesama.

“Silahkan hadir melihat dari sisi jalan-jalan pada rute yang dilewati mobil karnaval ini, yaitu sejak di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Dokter Sutomo, Jaksa Agung Suprapto, Jalan Pahlawan atau berkumpul di Alun-alun kota Gresik,” ujarnya.

Guna menghindari kemacetan, para pengendara yang akan melintasi jalan-jalan rute karnaval diminta untuk menyesuaikan. Khusus pengendara dari Lamongan menuju Surabaya, sebaiknya langsung masuk ke Tol Kebomas guna menghindari kemacetan. (sdm/as)

No Response