Musim Kemarau Diperkirakan Hingga November

0
813 views

BeritaGresik.com – Akibat kekeringan dan kemarau panjang, ikan yang berada di waduk Bunder, Gresik, Jumat (21/8) terlihat mati mendadak. Musim kemarau tahun ini diperkirakan baru akan berakhir hingga November mendatang.

Hal itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Menurut BMKG, kekeringan di musim kemarau tahun ini merupakan dampak dari fenomena El Nino.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 16 provinsi, 106 kabupaten dan 782 kecamatan di seluruh Indonesia mengalami kekeringan

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan daerah yang masuk kategori kekeringan tersebut berada di selatan garis khatulistiwa, dan salah satunya adalah Jawa Timur.

Diperkirakan puncak kekeringan yang diakibatkan fenomena El Nino tersebut akan terjadi pada Oktober dan November serta baru berakhir pada akhir Desember 2015.

“BMKG prediksi  kemarau tahun ini lebih kering dan panjang akibat curah hujan lebih kecil tetapi tidak separah pada 1997,” jelas Sutopo beberapa waktu yang lalu. [wan]