Mahasiswa UGM Ciptakan Sistem Tani Jajar Legowo di Bawean

0
636 views

BeritaGresik.com – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gajah Mada (UGM) di Pulau Bawean membentuk kelompok Petani Jajar Legowo. Sistem itu dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan bertani secara tradisional.

“Banyak keuntungannya jajar legowo, yakni hemat bibit, hasil meningkat, terhindar dari hama dan lain-lain”, kata Sugeng, salah satu mahasiswa peserta KKN UGM di Bawean.

Menurut dia, rencana semula pihaknya akan fokus pada soal budidaya padi agar tidak membusuk di lumbung. Namun, karena alasan terntentu akhirnya beralih pada pembentukan kelompok tani Jajar Legowo.

Seperti diketahui, sebanyak 30 mahasiswa UGM melakukan KKN di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Bawean, Gresik. Mereka terdiri dari berbagai jurusan seperti pertanian, hukum, perikanan dan lainnya. KKN ini sudah dimulai sejak dua bulan lalu.

Selama dua bulan di Bawean, mereka diminta untuk menciptakan teknologi pascapanen yang bisa diaplikasikan untuk masyarakat di sana. Dalam pelaksanaan KKN ini, mereka mengambil tema pembentukan desa mandiri pangan. [abr]