Pemudik Kapal Laut ke Bawean Diprediksi Naik 3%

0
362 views
Terminal penumpang pelabuhsn Gresik. (Foto: Dok. BG)
Terminal penumpang pelabuhsn Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Jumlah arus mudik penumpang kapal dari pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean diperkirakan meningkat sekitar 3%. Libur sekolah yang bersamaan libur lebaran menjadi faktor naiknya arus mudik penumpang.

Pelindo III Gresik mencatat penumpang tahun 2015 lalu, untuk debarkasi  sebesar 7.232 penumpang dan embarkasi sebesar 6.100 penumpang. Pada 2016 diprediksi untuk debarkasi sebesar 7.449 penumpang dan embarkasi 6.283 orang.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, KM Express Bahari akan menambah jadwal pelayaran. Lalu, Pemkab Gresik akan berkoordinasi dengan TNI-AL untuk membantu dengan armadanya mengangkut penumpang Gresik-Bawean.

Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya penumpang yang tidak terangkut di Pelabuhan Gresik pada saat lebaran nanti. Selain itu, mengantisipasi cuaca buruk dan gelombang tinggi di laut Jawa.

Tak hanya itu saja, menyambut mudik lebaran tahun ini, pihak pelabuhan Gresik juga melakukan renovasi gedung terminal penumpang kapal laut. Proses perbaikan dimulsi sejak Maret 2016, dan ditargetkan sudah selesai H-7 lebaran.

“Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang kapal laut, sekarang kami telah melakukan renovasi gedung terminal penumpang,” Tutur Tri Bagus Digdoyo Manajer Tehnik Pelabuhan Gresik. (as)