Dewan: Kenaikan Tarif Pas Pelabuhan Domain Pusat

0
293 views
Pekindo III Gresik
Pekindo III Gresik

BeritaGresik.com – Keputusan Pelindo menaikkan tarif Pas penumpang di pelabuhan Gresik kini mulai dipertanyakan. Pasalnya, kenaikan itu tak lantas ditunjang dengan fasilitas dan pelayanan yang memadai.

Pihak Pelindo mulai memberlakukan tarif Pas baru sejak awal Februari 2016 lalu. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan tarif Pas penumpang terjadi hampir 100% dari tarif sebelumnya, yakni dari Rp 4.000 menjadi Rp 7.500 per penumpang.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi B DPRD Gresik Subki mengatakan, bahwa kenaikan tarif pas penumpang di pelabuhan Gresik merupakan kebijakan dari pusat, bukan domain pemerintah daerah.

Kendati begitu, pihak pelindo bersama Komisi B DPRD Gresik dikatakan pernah melakukan hearing bersama terkait kenaikan tarif pas pelabuhan tersebut.

“Kenaikan tarif dan peningkatan fasilitas pelabuhan domain pusat, bukan daerah. Tapi kita sudah melakukan hearing bersama antara pelindo dan komisi B,” terang Subki kepada BeritaGresik.com, Rabu (20/4/2016).

Menurut dia, pada saat hearing dengan Pelindo, pihaknya sudah meminta agar kenaikan itu diimbangi dengan peningkatan kinerja dan fasilitas yang ada di lingkungan pelabuhan.

“Tapi karena berkaitan dengan anggaran dari pusat, otomatis pelaksanaannya juga harus menunggu anggaran turun,” pungkasnya.

Sebelumnya, Abd Hamid, warga Bawean yang tinggal di Gresik menilai keputusan pihak Pelindo hanya asal-asalan. Bukannya fasilitas yang ada semakin baik, kata dia, melainkan sangat bobrok. (abr)