Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Bungah

0
1,734 views
Salah satu rumah warga di Desa Abar-abir, Bungah, rusak setelah diterjang angin puting beliung. (Foto: Istimewa)
Salah satu rumah warga di Desa Abar-abir, Bungah, rusak setelah diterjang angin puting beliung. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Angin puting beliung melanda sejumlah rumah warga di Desa Abar-abir, Kecamatan Bungah, Gresik, Kamis (20/10/2016). Selain beberapa rumah, puting beliung juga merusak toko milik warga setempat.

Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suyono membenarkan kejadian tersebut. Berdasarkan laporan Pos Pantau Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Gresik, angin puting beliung terjadi saat cuaca sedang mendung, sekitar pukul 13.00 Wib.

Suyono menjelaskan, awalnya angin datang dari arah timur dan menerjang rumah warga yakni Ainurrofiq dan Mujiono. Lalu angin bergerak ke arah barat dan menerjang warung kopi dan toko yang ada di  Kecamatan Bungah.

“Kemudian angin menerjang pohon dan mematahkan serta melemparkan beberapa dahan pohon dan genteng rumah warga ke arah tengah tambak, yakni sejauh 100 meter,” terangnya.

Sebagian besar rumah yang diterjang oleh angin puting beliung mengalami kerusakan pada bagian atap atau genteng yang terlempar ke arah tambak. Belum diketahui total kerugian dan berapa rumah yang terkena musibah.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Saat ini beberapa petugas BPBD Kabupaten Gresik sedang melakukan pendataan dan koordinasi dengan warga yang tertimpa musibah. (ant/as)