Gus Ipul Nilai Harga Tiket Kapal ke Bawean Masih Terlalu Mahal

0
1,793 views
Wagub Jatim Saifullah Yusuf bersama Wabup Gresik Moh. Qosim saat meninjau bandara di Pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)
Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Wabup Gresik Moh. Qosim saat meninjau bandara di Pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Kelancaran mode transportasi laut dinilai sebagai salah satu prasyarat untuk mendongkrak ekonomi warga Bawean. Sebab, arus barang dan manusia di kawasan tersebut sangat bergantung pada transportasi laut.

Itu dikemukakan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat berkunjung ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Selasa (18/10/2016). Menurut dia, biaya angkutan laut yang saat ini melayani rute Gresik-Bawean masih terlalu mahal.

Untuk menekan biaya transportasi harga tiket kapal ke Pulau Bawean, terang pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, langkah yang bisa diambil pemerintah adalah memberikan subsidi pada kapal cepat.

“Kalau harga tiket kapal cepat bisa lebih murah sampai Rp 100 ribu misalnya, kan bagus. Jadi kalau ada penambahan kapal cepat yang disubsidi, itu yang diinginkan masyarakat Bawan,” tutur Gus Ipul.

Dia meyakini jika biaya transportasi ke Pulau Bawean dapat ditekan lebih murah lagi, maka perekonomian warga Bawean akan semakin menggeliat.

Seperti diketahui, saat ini ada tiga kapal yang melayani rute penyeberangan Gresik-Bawean dan sebaliknya, di antaranya kapal Bahari Ekspress 8E, Natuna Eskpres dan Kapal Gili Iyang.

Harga tiket Bahari Ekspress 8E yakni Rp 146.500 (eksekutif) dan Rp 162.500 (VIP). Harga tiket Natuna Ekspres Rp 146.500 (eksekutif) dan Rp 162.500 (VIP). Kemudian, tiket Gili Iyang Rp 76.000 (dewasa) dan Rp 59.000 (anak-anak).(abr)