Perluasan Bandara Bawean, Warga Minta Kejelasan Relokasi

0
680 views
Bandara Bawean (Foto: abr)
Bandara Bawean (Foto: abr)

BeritaGresik.com – Salah satu catatan Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan saat berkunjung ke Bandara Bawean 23 September 2015 lalu adalah meminta agar landasan pacu (runway) yang ada saat ini diperpanjang dari 930 meter menjadi 1300 meter.

Menanggapi hal itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat itu langsung mengintruksikan Camat Tambak beserta Kepala Desa Tanjungori segera berkoordinasi dengan warga terkait pembebasan lahan di kawasan Bandara Bawean.

Atas rencana itu, Kepala Desa Tanjungori Jumali mengungkapkan, sedikitnya terdapat sekitar 40 rumah warga termasuk satu bangunan masjid yang kemungkinan bakal terkena dampak penambahan panjang landasan Bandara Bawean.

Menurut dia, saat ini warga di sekitar bandara sudah sepakat dengan rencana pembebasan lahan miliknya. Hanya saja, mereka terlebih dulu meminta kejelasan tentang relokasi sebelum proses pembebasan lahan dilakukan.

“Sebenarnya masyarakat sudah setuju semua, cuma persoalannya mereka minta kejelasan relokasinya dulu. Mereka tidak mau seperti dulu lagi, ketika sudah dibebaskan harus sibuk cari sendiri lahan pengganti rumah mereka”, terang Jumali, Selasa (20/10). [abr]