Sambut Hari Santri, IKA-PMII Gresik Gelar Kompetisi Esai

0
570 views
Kompetisi esai IKA-PMII
Kompetisi esai IKA-PMII

BeritaGresik.com – Pengurus Cabang Ikatan Alumni PMII Kabupaten Gresik menggelar kompetisi esai dengan topik “Gresik Dalam Atlas Islam Nusantara”. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional.

Kompetisi Esai ini mendapat sambutan baik dan dukungan penuh dari Ketua Tanfidziyah PC NU Gresik, KH. Khusnan Ali.

“Kompetisi ini selain untuk menyambut Hari Santri Nasional, juga dimaksudkan memperkaya gagasan Islam Nusantara dengan pendekatan studi lokalitas yakni Kabupaten Gresik,” ujar Ketua Umum PC IKA-PMII Gresik, A. Zainuddin lewat pesan singkatnya kepada NU Online, Minggu (18/9).

Pendekatan studi lokal dinilai sangat penting, sebab gagasan Islam Nusantara bukanlah interpretasi teks, melainkan kontekstualisasi nilai-nilai lokal yang memberi makna dan karakter bagi keberagaman masyarakat muslim nusantara.

“Hasil kompetisi ini akan dipilih tiga tulisan terbaik dan 15 naskah pilihan akan dibukukan dan dipublikasikan sebagai refrensi dan bahan bacaan tentang local wisdom masyarakat muslim lokal dan teladan ulama’ di Gresik,” sambung Dosen INKAFA Gresik ini.

Pelaksanaan Kompetisi

Sementara itu, Menurut Ketua Panitia Kompetisi, Makmun, pengiriman naskah esai yaitu dimulai sejak 15 September 2016, dan naskah diterima panitia paling lambat 15 oktober 2016 pukul 24.00 WIB.

Sub Tema penulisan dalam kompetisi ini pertama, Kontekstualisasi Nila-Nilai Kearifan Lokal Gresik Dalam Menumbuh Kembangkan Gagasan Islam Nusantara.

Kedua, Pengalaman Muslim/ Komunitas Muslim Lokal dalam mengembangkan nilai-nilai Islam yang moderat, inklusif dan cinta damai.

Ketiga, Pemikiran dan nilai-nilai keteladanan Ulama’ (Studi Lokal Gresik) tentang Islam yang moderat, inklusif, toleran, nilai-nilai sufisme serta prinsip-prinsip kebangsaan dan bermasyarakat.

“untuk memperkaya naskah, maka peserta diperbolehkan dari luar Kabupaten Gresik dengan syarat tulisan tidak keluar dari salah satu Sub Tema tersebut.

“Peserta juga diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu naskah esai. Naskah merupakan karya perorangan dan belum pernah dipbulikasikan di media mana pun,” jelas Makmun.

Panduannya, naskah esai terdiri dari 3.000-4.000 kata, naskah dikirim dalam bentuk Microsoft Word. Adapun urutan halaman naskah esai adalah sebagai berikut:

(a) Lembar judul, topik; (b) Lembar orisinalitas karya; (c) Ringkasan esai; (d) Isi esai; (e) Lembar data diri peserta. Kemudian, naskah esai dikirim melalui email: esaiharisantri@gmail.com.

Adapun hadiah untuk para pemenang yaitu, Juara I: Rp 3 juta + paket buku + sertifikat; Juara II: Rp 2 juta + paket buku + sertifikat; Juara III: Rp 1 juta + paket buku + sertifikat.

Untuk contact person dapat menghubungi saudara Habib di nomor ponsel: 085731004274, atau ke sekretariat panitia di Kantor PC NU Gresik.  (as)