Puluhan Aktivis Demo Tolak Pungli di Sekolah Negeri

0
686 views

BeritaGresik.com – Puluhan aktivis yang mengatasnamakan ‘Komite Pendidikan Gratis’ menggelar aksi demo di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Kamis (20/8). Mereka menolak praktik pungutan liar (pungli) di sekolah negeri yang ada di Gresik.

Perwakilan massa diperbolehkan masuk ke ruangan Pemkab Gresik untuk menyampaikan tuntutan secara jelas. Namun, mereka hanya ditemui Kepala Dinas Pendidikan Mahin dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Muh. Muafaq Wirahadi.

Pertemuan antara perwakilan aktivis dari mahasiswa dan LSM dengan perwakilan pemerintah sempat berjalan alot. Pasalnya, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kemenag Kabupaten Gresik terkesan cuci tangan.

Ketika perwakilan pengunjuk rasa menyebutkan masih ada sekolah negeri yang memungut biaya secara liar kepada wali murid, pihak Dinas Pendidikan justru mengaku tidak tahu.

“Di SMP Negeri 2 Kebomas, sebesar Rp 1,850 juta, digunakan membayar seragam, buku-buku dan lain-lain. Begitu juga di SMP Negeri 1 Manyar dan SMP Negeri 3 Gresik, semuanya tidak ada kuitansi,” kata Budiono, anggota SPBI Kasbi, Kamis (20/8).

Diskusi alot tersebut akhirnya membuahkan beberapa kesepakatan. “Sekarang masih diketik draft hasil mediasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Mahin. [wan]