MUI Gresik Keluarkan Fatwa Haram Golput

0
543 views

BeritaGresik.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Gresik mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa haram hukumnya bagi umat Islam tidak menggunakan hak pilihnya alias Golongan Putih (Golput).

Fatwa itu dikeluarkan MUI Kabupaten Gresik untuk mencegah terjadinya Golput dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 9 Desember 2015 yang akan datang.

“Landasannya sudah jelas, sesuai hukum Islam. Contohnya, waktu itu Nabi Muhammad dulu kan pemilihan secara langsung,” kata Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Gresik KH Ainur Rofiq, Kamis (20/8).

Dia menjelaskan bahwa saat ini dalam Pilkada juga menerapkan sistem pemilihan langsung oleh rakyat. Karena itu, haram bagi masyarakat yang saat pencoblosan tidak menggunakan haknya.

“Hasil kajian dari berbagai kitab yang diajarkan oleh Islam dengan contoh bahwa Golput itu haram akan disampaikan ke KPUD Gresik dan disebarluaskan ke masyarakat,” tandasnya.

Rofiq menambahkan, dalam beragama telah diatur menentukan pilihan seorang pemimpin. Sekarang ini masyarakat juga harus memanfaatkan pencoblosan. “Dalam Islam diatur bahwa memilih pemimpin itu sangat penting,” pungkasnya. [tribun/as]