Cuaca Buruk, Banyak Kapal Berlindung Di Bawean

0
370 views

BAWEAN, BeritaGresik.com –  Cuaca buruk yang melanda laut Jawa sejak sepekan terakhir membuat sejumlah kapal berlindung di sekitar perairan Bawean. Diduga mereka yang akan melintas melalui perairan Bawean tidak sanggup melwan ganasnya ombak hingga terpaksa mencari perlindungan. Umumnya kapal-kapal tersebut berjenis tug boat yang yang membawa tongkang yang berlindung di perairan barat Pulau Bawean mulai dari perairan pantai Lahuhan desa Tanjungori kecamatan Tambak hingga perairan pantai desa Dekatagung kecamatan Sangkapura, hal ini disebabkan karena arah angin yang berhembus dari arah timur membuat perairan barat Bawean aman dari ganasnya cuaca.

Seperti di ketahui posisi Pulau Bawean yang berada diantara Pulau Jawa dan Kalimantan tersebut membuat posisi pulau yang dijuluki Pulau Puteri ini karapkali menjadi tempat perlindungan ketika cuaca ekstrim, umunya kapal-kapal tersebut dari Jawa yang bertujuan Kalimantan maunpun sebaliknya.

Misalnya saja di daerah perairan desa Telukjati dawang kecamatan Tambak dan sekitarnya terlihat beberapa kapal tongkang yang berlindung. Bahkan puluhan ABK sempat turun ke daratan untuk membeli bekal dan keperluan selama mereka bertahan akibat cuaca buruk. “Sudah sekitar satu minggu mereka di sini, tadi saja banyak yang turun membeli berbagai keperluannya di sini”, tutur Ayub salah seorang pedagang di desa Telukjatidawang itu, Senin (18/07). (abr)