Kepala KSOP Gresik Imbau Pemudik Bawean Tidak Perlu Khawatir

0
359 views
Kepala KSOP Gresik AKBP Capt Hermanta saat Memantau Arus Mudik di pelabuhan Gresik

BeritaGresik.com – Memasuki H-5 lebaran 2017, volume penumpang kapal tujuan Gresik – Bawean mulai terjadi peningkatan signifikan. Hal ini terlihat dari antrian panjang pemudik yang hendak menaiki kapal menjelang keberangkatan kapal Express Bahari 8E, Selasa (20/06/2017).

Ditemui saat melakukan pemantaun arus mudik di pelabuhan Gresik, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik AKBP Capt Hermanta
Mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang ke Bawean tahun ini, pihaknya sudah mempersiapkannya sejak jauh hari. Salah satunya dengan cara memberangkatkan kapal Expresa Bahari PP sejak H-10 lebaran.
“Belajar dari kejadian dua tahun silam tentang keterbatasan angkutan, kami sudah mempersiapkan sejak jauh hari”, tegasnya.

Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) tahun 1995 ini menambkan, dengan adanya tambahan kapal Natuna Express, menjadi solusi alternatif bagi pemudik yang hendak pulang kampung meski kapastitasnya tidak sebanyak kapal Express Bahari.

Selain itu, lanjut Hermanta, KMP Giliiyang masih bisa berangkat rutin seminggu sekali untuk mengurai volume penumpang ke Pulau Bawean yaitu setiap hari Jum’at.

Untuk itu Capt. Hermanta menyarankan agar calon pemudik Bawean tidak perlu khawatir tidak bisa mudik ke Bawean tahun ini, karena beroperasinya tiga operator kapal tersebut semua pemudik Bawean bakal bisa merayakan hari Raya Idul Fitri tahun ini di kampung halamannnya masing-masing.

“Penumpang tidak perlu khawatir untuk menuju ke Bawean, kami dari pemerintah senantiasa mempersiapkan angkutan sehingga bisa berjalan dengan aman dan nyaman”, pungkasnya.

Terpisah, Kasi Angkutan Laut Dishub Gresik Muhammad Amri mengatakan untuk memastikan semua pemudik Bawean bisa berlebaran di kampungnya masing-masing, pihaknya masih akan terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak KSOP.

“Kam juga terus melakukan koordinasi dengan KSOP untuk memastikan semua calon penumpang bisa terangkut,” Terang Amri. (abr)