Natuna Tak Operasi, Jadwal Kapal Diatur Ulang

0
845 views
Kapal Giliiyang. (Foto: Dok. BG)
Kapal Giliiyang. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Dinas Perhubungan kabupaten (Dishub) Gresik mengatur ulang jadwal keberangkatan kapal rute Gresik-Bawean dan sebaliknya. Hal ini dilakukan guna memastikan layanan angkutan laut tetap tersedia menjelang lebaran.

Pengaturan jadwal keberangkatan kapal ini terkait kondisi kapal Natuna Eskpres yang hingga kini belum bisa beroperasi. Saat ini ada tiga kapal yang melayani rute Gresik-Bawean, yakni Natuna Ekspres, Giliiyang dan Express Bahari.

Kabid Laut Dishub Kabupaten Gresik Sukardi mengatakan, pihaknya sudah menerbitkan izin trayek jadwal kapal Express Bahari. Ini untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran, mengingat Natuna Express belum bisa beroperasi.

“Suratnya sudah saya kirim, pokoknya setiap hari ada kapal, Jum’at kan ada Giliiyang,” kata Sukardi kepada BeritaGresik.com, Senin (20/6/2016).

Dia menjelaskan, selama belum bisa beroperasi, jadwal keberangkatan Natuna Ekspres yaitu hari Senin, Rabu dan Sabtu digantikan kapal Express Bahari untuk PP. Sementara untuk hari Jum’at, seperti biasa jadwal Giliiyang.

“Lebih jelasnya silahkan konfirmasi operator kapal saja,” tandasnya.

Kepala Cabang PT. Sakti Inti Makmur Reven Putra membenarkan, pihaknya sudah menerima jadwal baru dari Dishub Gresik menjelang mudik lebaran. Namun, jadwal Express Bahari tetap seperti biasa karena penumpang masih sepi

“Iya jadwalnya sudah kami terima, tapi sekarang penumpang masih sepi, jadi jadwal normal seperti biasanya,” kata Reven.

Dia menambahkan, Express Bahari akan melayani penyebersngan Gresik-Bawean PP mulai 26 Juni hingga 5 Juli 2016. “Tanggal 26 kami akan mulai PP, yang penting izin dari pemda sudah ada,” pungkasnya. (abr)