Pemkab Gresik Siapkan Dana Rp 4 M Untuk Pilkades Serentak

0
580 views

BeritaGresik.com – Sebanyak 34 desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, akan melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada akhir Juli mendatang. Untuk itu, Pemkab Gresik mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4 miliar.

“Anggaran yang di alokasikan Pemda Gresik untuk kegiatan itu sebesar Rp 4 Milliar. Itu sekitar Rp 20.000 untuk per pemilih,” kata Asisten Pemkab Gresik, Tursilowanto, kepada BeritaGresik.com di Gresik, Sabtu (20/6).

Menurut dia, adanya penganggaran pelaksanaan Pilkades serentak nanti ditujukan untuk menghindari pungutan seperti tahun sebelumnya. Dengan ketersediaan anggaran, panitia tidak perlu lagi susah payah mencarinya ke luar.

Terkait waktu pelaksanaan, Tursilowanto mengtakan rencananya akan digelar akhir Juli nanti. Namun, rencana itu bisa saja molor, sebab proses evaluasi Peraturan Daerah (Perda) Pilkades di Pemprov Jawa Timur belum selesai.

Sesuai rancangan Perbup, pelaksanaan Pilkades membutuhkan waktu selama 50 hari. Jika nanti dimulai pada awal Agustus, Pilkades serentak akan selesai digelar pertengahan September. “Kemungkinan sebelum masa jabatan bupati selesai, Kepala Desa yang baru sudah selesai dilantik,” ucapnya.

Saat ini pihaknya diakui sedang menyelesaikan penyusunan peraturan Bupati (perbup) tentang Pilkades. Namun demikian, Perbup tidak bisa disahkan, jika Perda Pilkades serentak belum selesai dievaluasi Gubernur Jatim.

“Rancangan perbup-nya sudah siap. Jadi kalau evaluasi Gubernur selesai, maka kami bisa langsung mengesahkan perbup,” tandasnya. (wan).