Muhammadiyah-BNNK Gresik Teken MoU Pencegahan Narkoba

0
207 views
BNNK Gresik bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik teken MoU pencegahan narkoba, Jumat (20/5/2016). (Foto: BG/Wan)
BNNK Gresik bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik teken MoU pencegahan narkoba, Kamis (19/5/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik menyepakati kerja sama pencegahan narkoba. Hal itu dilakukan untuk menurunkan tingkat penyalahgunaan narkoba di Gresik.

Kesepakatan itu dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di antara kedua belah pihak di halaman Gedung Muhammadiyah, Perumahan Bunder Asri, Gresik, Kamis (19/5/2016).

Kepala BNNK Gresik AKBP Agustyanto mengatakan, kerja sama dengan berbagai stakeholder dilakukan BNNK Gresik untuk menurunkan tingkat prevalansi penyalahgunaan narkoba.

Dengan adanya sinergi tersebut dihatapkan dapat mempermudah pemetaan jaringan narkoba. Hal ini ditujukan agar semua orang tahu bahwa BNNK bekerjasama dengan Organisasi di Kabupaten Gresik.

“BNNK tidak bisa berdiri sendiri tanpa kerjasama dengan stakeholder yang ada di Kabupaten Gresik,” ujar AKBP Agustyanto.

Dia mengungkapkan, tingkat pemakai narkoba tahun ini di Gresik mengalami penurunan dari sekitar 202 pelajar di tahun 2015. Jumlah itu dikatakan masih tergolong pemakai kelas rendah.

“Pelajar ini masih dalam pemakaian kelas rendah seperti pil koplo dan masih dapat kita rehab, sehingga jumlah penyalahgunaan narkoba di kabupaten gresik terus menurun,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik Taufikullah mengatakan, pihaknya sepenuhnya mendukung tindakan yang dilakukan BNNK agar jangan sampai banyak pelajar yang hancur akibat narkoba.

“Salah satu bentuk support kami adalah diadakannya pembelajaran tentang bahaya narkoba di sekolah Muhammadiya seperti melalui mata pelajaran Penjaskes dan sosialisasi bahaya narkoba minimal 1 semester sekali,” paparnya.

Acara kali ini setidaknya dihadiri oleh seluruh organisasi Muhammadiyah seperti, Mahasiswa Muhammadiyah, Pelajar Muhammadiyah, PD Pemuda Muhammadiyah, Aisyiyah, dan KOKAM. (wan).