Produsen Semen Lokal Hadapi Gempuran Pemain Asing

0
1,019 views

BeritaGresik.com – Datangnya pemain asing di Indonesia perlu ditanggapi serius bari produsen semen lokal, seperti Semen Indonesia. Dari pemain lama yang ada di asosiasi saja, perusahaan yang mayoritas dikuasai pihak asing memiliki total kapasitas 34,2 juta ton atau mewakili 47,8 persen total kapasitas domestik yang tercatat di ASI.

Tabel Data Kapasitas Produsen Semen Anggota ASI per 2014

Grafik 1

Pemain baru seperti Semen Merah Putih, Siam Cement dan Anhui Conch berencana akan membangun pabrik dengan kapasitas masing-masing 3 juta ton, 1,8 juta ton dan 3 juta ton.

Pemain asing menguasai 44,7 persen dari pangsa pasar. Dan pemain baru, Semen Merah Putih yang juga dimiliki asing saat ini sudah menguasai 2,5 persen dari pangsa pasar.

Tabel Pangsa Pasar Per Kuartal Pertama 2015

Grafik 2

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Semen Indonesia juga perlu terus meningkatkan kapasitas produksi agar pangsa pasarnya yang saat ini sekitar 45 persen tidak mengalami penurunan. Sehingga Semen Indonesia penting membangun pabrik baru di Rembang, Jawa Tengah dan Indarung, Sumatera Barat masing-masing dengan kapasitas 3 juta ton.