Desak Penetapan UMSK, Buruh Demo Disnakertrans Gresik

0
557 views
Massa buruh di Gresik tuntut penetapan UMSK, Rabu (20/1/2016). (Foto: BG/Wan)
Massa buruh di Gresik tuntut penetapan UMSK, Rabu (20/1/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Ratusan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia-Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (SPBI-KASBI) Gresik, melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gresik, Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Rabu (20/1/2016).

Dalam aksinya, para buruh menuntut Disnakertrans agar meminta Gubernur Jawa Timur segera menetapkan Upah Minimum Sektoral Kabupoaten (UMSK). “Kita menuntut Disnaker Gresik menyampaikan ke Gubernur Jatim agar menetapkan UMSK,” kata Agus Budiono, Ketua SPBI Kasbi.

Massa buruh membawa spanduk dan sound sistem untuk menyampaikan aspirasinya. Namun, mereka sedikit kecewa karena Kepala Dinas Ketenagakerjaan Gresik sedang tak ada di tempat. Massa akhirnya melanjutkan aksinya ke Surabaya.

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Perwakilan massa SPBI Kasbi sempat diterima oleh pihak Disnakertrans. Sementara di lokasi aksi, pengamanan ketat dilakukan Kepolisian di sekitar Kantor Disnakertrans Kabupaten Gresik.

UMK Kabupaten Gresik tertinggi di Jatim setelah Kota Surabaya Rp 3,045 juta/bulan, Kabupaten Gresik Rp 3,042 juta/bulan, Kabupaten Sidoarjo Rp 3,040 juta/bulan, Kabupaten Pasuruan Rp 3,037juta/bulan, dan Kabupaten Mojokerto Rp 3,030juta/bulan. (wan)