Gelombang Tinggi, Pelayaran Gresik-Bawean Terhenti

0
1,293 views
Foto: BG/Wan
Foto: Dok. BG/Wan

BeritaGresik.com – Cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi di laut Jawa dalam sepekan terakhir ini telah menyebabkan pelayaran dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean terhenti.

“Sampai hari ini cuaca masih ekstrim dan gelombang laut maksimal hingga 3 meter. Tidak aman untuk menyebrang,” demikian diungkapkan Turmanto, Kasi Keselamatan Adpel Gresik kepada BeritaGresik.com Sabtu (19/12/2015).

Menurut Turmanto, beberapa operator kapal yang melayani penyeberang dari Gresik menuju Bawean dan sebaliknya telah menghubungi pihaknya. Namun demikian, pihak Adpel Gresik belum bisa memberikan lampu hijau untuk berlayar, mengingat gelombang masih tinggi.

“Dengan kondisi gelombang laut maksimal mencapai 3 meter, sangat tidak aman untuk penyebrangan. Tadi operator dari armada kapal penumpang juga menanyakan tentang kondisi cuaca,” ujar Turmanto.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. SIM Gresik atau perusahaan yang mengoperasikan Kapal Expres Bahari, Revan Syah Putra, mengatakan pihaknya tetap berpatokan pada prakiraan cuaca yang disampaikan oleh pihak BMKG.

Dia mengaku sudah menghubungi pihak Syahbandar Pelabuhan Gresik. Jika kondisi cuaca sudah membaik atau maksimal tinggi gelombang mencapai 2 meter, kapal Expres Bahari akan diberangkatkan. Namun, sejauh ini pihaknya belum bisa memberi kepastian untuk berangkat.

“Saya rasa besok cuaca sudah mulai bagus. Kita berpatokan pada BMKG, kalau ombak sudah 2 meter kita berangkat. Tadi saya sudah hubungi Syahbandar Pelabuhan Gresik, kalau besok cuaca bagus kita berangkat,” tegas Revan. (abr)