Anggaran Makanan PAUD Rp87 Juta Dipangkas

0
475 views
Ilustrasi sekolah PAUD
Ilustrasi sekolah PAUD

BeritaGresik.com – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2016 yang mengalami defisit hinggga tiga digit berdampak pada pemangkasan anggaran di sejumlah SKPD Pemkab Gresik.

Pemangkaaan itu salah satunya terjadi pada anggaran Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik, yaitu pos anggaran makan minum (mamin) bagi siswa pendidikan anak usia dini (PAUD).

Anggota Badan Anggaran (Bangang) DPRD Gresik HM Syafik AM mengatakan, efisiensi dilakukan dalam menekan angka defisit sehingga diperoleh angka defisit hanya dua digit di kisaran Rp96 miliar.

“Dispendik memasukkan mamin siswa pendidikan anak usia dini dipangkas Rp87 juta,” ungkap Syafik seperti dilansir Koran Sindo, Senin (19/9/2016).

Terkait pemotongan itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Gresik Mahin menuturkan, pemangkasan anggaran dengan tujuan efisiensi tak hanya terjadi di dinasnya, tapi hampir di semua SKPD.

Total alokasi anggaran untuk PAUD yang dipangkas sekitar Rp87 juta. “Besaran Rp87 juta itu termasuk anggaran makanan untuk PAUD dan pembelian buku seperti LKS,” ujarnya. (zr)