ITS Surabaya Gelar Pameran Riset di Bawean

0
316 views

BeritaGresik.com  – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS Surabaya menggelar pameran riset kelautan bertajuk “Maritime Conference fet Research Exhibition” 2015 di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Panitia kegiatan, Ridza Whidyaningrum, mengatakan kegiatan pameran sengaja digelar di Pulau Bawean untuk mengenalkan wilayah itu kepada seluruh mahasiswa undangan, sebab hasil survei mencatat jika masyarakat Bawean terpencil, serta masih kekurangan sarana dan prasarana.

“Dalam kegiatan pameran atau “research exhibition” ada sebanyak 15 karya riset terbaik dari mahasiswa seluruh Indonesia yang dipamerkan di Pulau Bawean,” kata Ridza di Gresik, Rabu (19/8).

Sebagai kampus yang mengedepankan bidang kelautan, menurut Ridza kegiatan yang digelar ITS itu terinspirasi dari gagasan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia seperti dinyatakan Presiden Joko Widodo dalam KTT Asia Timur 2014.

“Acara bernama “Maritime Conference fet Research Exhibition” 2015 mulai dilaksanakan di Pulau Bawean pada hari ini, Rabu (19/8) hingga Jumat (21/8) mendatang,” terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, kegiatan pameran ini juga merupakan satu angkaian dengan acara konferensi mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia tingkat D3 dan S1 atau sederajat.

“Acara ini merupakan bagian dari Indonesia Maritime Challenge (IMC) 2015 yang diselenggarakan oleh BEM ITS Surabaya bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Maritime Challenge,” ucapnya.

Dikatakan ada beberapa agenda dalam acara tersebut seperti diskusi publik, presentasi riset, “focus group discussion” (FGD) deklarasi Bawean, pameran riset, serta berwisata di Pulau Bawean.

Sebelumnya, kegiatan di Pulau Bawean ini juga telah ditandai dengan deklarasi Bawean sebagai ikon wisata Jawa Timur 2015 dan destinasi wisata terpencil tapi potensial. [ant/as]