Bupati: Pengoperasian Bandara Bawean Tunggu Kesepakatan Maskapai

0
499 views

BeritaGresik.com – Pengoperasian Bandara di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, masih menunggu kesepakatan sejumlah maskapai penerbangan untuk bisa singgah dan mendarat di pulau tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Selasa (18/8). Menurut dia, kondisi Bandara Bawean sudah layak untuk digunakan, sehingga diyakini tidak lama lagi bakal segera digunakan.

Pihaknya saat ini diakui sedang melobi sejumlah perusahaan maskapai agar bisa melayani penerbangan ke Bawean, salah satunya maskapai yang memiliki rute Singapura-Solo dan Malaysia-Solo, Jawa Tengah.

“Kami optimistis jumlah penumpang akan sesuai yang diharapkan. Banyak masyarakat Pulau Bawean dari dua negera tersebut, dan yang pasti akan memanfaatkan rute penerbangan tersebut,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Gresik Andhy Hendro Wijaya mengaku pihaknya telah melobi beberapa pengusaha pesawat carteran untuk melakukan uji coba di lapangan terbang Bawean.

“Hal ini dilakukan setelah mendapat restu dari Kementerian Perhubungan RI, dan dalam taraf uji coba Pengelola lapangan terbang Bawean telah mempersilahkan mencari pesawat carteran komersial,” katanya.

Lapangan terbang Bawean menurut Andhy ditetapkan sebagai lapangan terbang perintis, dan dikelola Kementerian Perhubungan yang secara administrasi masuk pada Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Sumenep.

“Oleh karena itu, bagi calon penumpang yang akan menggunakan fasilitas pesawat ke Bawean akan mendapat subsidi dari negara, sebab kemenhub akan memasukkan subsidi tersebut dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) tahun 2016,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswono mengatakan beberapa maskapai yang memiliki pesawat kecil dengan dua mesin dan berdaya angkut sekitar 20 penumpang telah dijajaki.

Dia menjelaskan, sesuai register dari Kementerian Perhubungan, Bandara Bawean sudah bisa atau layak dimanfaatkan untuk aktivitas penerbangan pesawat dengan kapasitas sekitar 20 penumpang. [ant/as]