Sejumlah Kawasan di Bawean Terendam Banjir

0
1,659 views
Banjir di Desa Telukjatidawang. (Foto: Alex)
Banjir di Desa Telukjatidawang. (Foto: Alex)

BeritaGresik.com – Hujan deras yang mengguyur Pulau Bawean sejak pagi membuat sejumlah kawasan di Bawean, Gresik, terendam banjir, Minggu (19/6/2016). Banjir melanda daerah pesisir dan kawasan rendah lainnya.

Salah satunya terjadi di kawasan Desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak. Giast, salah seorang warga Kepuh Teluk menjelaskan, banjir di desanya terjadi sejak subuh. Puncaknya, diperkirakan banjir terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.

Menurut Giast, banjir di desanya dipicu oleh sungai dan penyempitsn gorong-gorong. Ditambah lagi, di saat yang sama air laut dalam keadaan pasang, sehingga air pun terus menggenang hingga masuk ke rumah-rumah warga setinggi betis.

Foto: Alex
Foto: Alex

“Penyebanya karena sungai sudah semakin kecil, ditambah lagi bersamaan dengan air laut pasang. Tadi di dalam rumah setinggi betis, kalau di luar di atas lutut orang dewasa,” terang Giast.

Warga pun berusaha menyelamatkan barang-barang berharga dan barang-elektronik agar tidak terendam banjir.

Tak hanya di Desa Kepuhteluk, pantauan di lapangan bencana banjir juga terjadi di kawasan pesisir desa Telukjatidawang Kecamatan Tambak, Desa Gelam dan sejumlah kawasan lainnya.

Banjir yang menggenang di kawasan itu membuat warga panik lantaran genangan air masuk hingga ke rumah-rumah warga.

Air mulai terlihat surut sekira pukul 10.00 WIB, dan warga setempat masih terlihat sibuk membersihkan rumah-rumah mereka dari kotoran akibat genangan banjir. (abr)