Lazizmu-Gresik Sumpek Gelar Bukber Bareng Narapidana

0
397 views
Lazizmu Gresik gelar buka puasa bersama para narapidana. (Foto: Lazizmu)
Lazizmu Gresik gelar buka puasa bersama para narapidana. (Foto: Lazizmu)

BeritaGresikcom – Lembaga Amil Zakat Infaq Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Gresik menggelar buka puasa bersama (bukber) bareng para narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Gresik (19/06/2016).

Buka puasa bersama narapidana ini merupakan tahun yang ketiga. Untuk tahun ini, Lazismu Gresik mengandeng komunitas Gresik Sumpek.

Lazismu Gresik menyediakan makanan untuk buka puasa kepada 450 orang penghuni Lapas. Selain itu, Para narapidana juga mendapatkan siraman rohani dan motivasi dari ustadz Prayudi.

“Ini merupakan kali ketiga Lazismu Gresik menyalurkan makanan buka puasa dan berdakwa untuk para napi,” ujar Prayudi selaku Ketua Lazismu Gresik.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Lapas Kelas II B Cerme. Lalu dilanjutkan sambutan perwakilan dari komunitas Gresik Sumpek. Setelah itu, di isi tausiah oleh ustadz Prayudi.

Dia memberikan ceramah tentang metamorfosis manusia menjadi manusia yang berguna. Ini juga merupakan motivasi bagi para napi untuk berbuat baik dan hidupnya tidak terjebak dalam dunia kejahatan yang kelam.

Napi pun antusias mendengarkan taujih yang diiringi pantun dan banyolan lucu dari ustadz agar acara terlihat lebih santai. Para napi berbuka puasa di dalam lapas demi keamanan bersama.

Kepala Lapas Kelas II B Cerme, Khusnan, menyampaikan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara ini.

“Kami dari Lapas kelas II C Cerme mengucapkan terimakasih atas kepedulian, dukungan dan suporting dari Lazismu Gresik. Yang juga langsung berkunjung silaturahim dengan kami dan warga binaan,” ujar Khusnan.

Dia berharap kegiatan pembinaan semacam ini akan berdampak baik terhadap narapidana, yang sejak memasuki masa tahanan membutuhkan perhatian lebih agar ketika bebas sudah siap menjalani kehidupan bermasyarakat.

“Acara ini merupakan acara tahunan untuk mengguggah kepedulian umat yang tidak perlu membatasi apakah yang bersangkutan menjalani pidana atau tidak. Sebagai sarana sosialisai dan integritas atas warga binaan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Gresik Sumpek Warsito pun berharap agar para narapidana bisa kembali berkarya positif dan kelak bisa menjadi agen perubah  di tengah masyarakat. (as)