Perbaikan Jalan Harun Thohir Butuh Rp 200 Miliar

0
484 views
Kondisi Jalan Harun Thohir Gresik rusak parah. (Foto: BG/Wan)
Kondisi Jalan Harun Thohir Gresik rusak parah. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mengakui tingkat kerusakan Jalan Harun Thohir cukup parah. Namun, Pemkab belum akan memperbaiki nya mengingat besarnya anggaran yang dibutuhkan.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PU Gresik Dhiannita mengatakan, setidaknya dibutuhkan dana sebesar Rp 200 miliar untuk memperbaiki Jalan Harun Tohir. “Biayanya besar, bisa mencapai Rp 200 miliar,” kata Dhiannita.

Sejauh ini pihaknya masih melakukan perencaaan untuk pembangunan jalan tersebut. Jika anggarannya bisa disetujui, kemungkinan perbaikan bisa dilakukan secepatnya. “Tergantung anggarannya. Semoga bisa segera diperbaiki,” ujarnya.

Kerap Makan Korban

Kondisi Jalan Harun Thohir yang rusak parah belakangan mulai dikeluhkan warga. Apalagi tidak sedikit pengendara yang jatuh saat melintas di jalan yang dipenuhi oleh lobang tersebut.

“Kerusakannya cukup parah. Banyak pengendara yang terjatuh karena terjebak di jalan yang berlobang,” ujar Umarul, (40), salah satu warga Pulopancikan.

Menurut dia, pihaknya menduga jika kerusakan tersebut lantaran padatnya truk bertonase besar yanh melintasi jalan tersebut. Padahal, lebar dan spesifikasi jalan tidak terlalu kuat.

“Lebarnya saja hanya 20 meter. Jadi kalau ada truk mogok, pasti macet parah,” ungkapnya.

Karena itu, dia mendesak pemerintah segera memperbaiki Jalan Harun Thohir, agar tidak membahayakan pengguna jalan yang melintas. “Harus ada perbaikan lagi, karena kerusakannya cukup parah,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Gresik Mega Bagus mempertanyakan kinerja Dinas PU. Pasalnya, Dinas PU lebih mengutamakan perbaikan jalan yang kondisinya masih bagus.

“Dari pada memperbaiki Jalan Jaksa Agung lebih baik untuk Jalan Harun Tohir yang kerusakannya sudah cukup parah,” tegasnya. (wan)