Natuna Express dan KM Bahtera Berhasil Dievakuasi

0
955 views
Dibantu perahu ikan, Kapal Natuna Express dan KM Bahtera yang kandas di perairan Dermaga Bawean berhasil dievakuasi. (Foto: Ipey)
Dibantu perahu ikan, Kapal Natuna Express dan KM Bahtera yang kandas di perairan Dermaga Bawean berhasil dievakuasi. (Foto: Ipey)

BeritaGresik.com – Setelah sempat tertahan di perairan dangkal di sekitar Pelabuhan Bawean, Kapal Natuna Express dan KM Bahtera akhirnya berhasil dievakuasi, Selasa (19/5/2016). Evakuasi dilakukan pada saat air pasang dan posisi kapal sedang mengapung.

“Kemarin poisisi air sedang surut sehingga susah untuk dievakuasi, tadi ketika posisi air pasang, cukup dibantu perahu kalotok untuk menjaga haluan, kemudian mesin kapal dihidupkan,” kata petugas Syahbandar Bawean Ali Hafiah.

Ali menjelaskan, kapal penumpang Natuna Express dievakuasi lebih awal mengingat posisi kapal yang tidak terlalu menjorok hingga ke kawasan laut dangkal atau berkarang, sehingga lebih mudah untuk dilepaskan.

Berbeda dengan KM Natuna, proses evakuasi KM Bahtera dilakukan lebih hati-hati, karena kondisi kapal sedang bermuatan barang dan posisi kapal sudah masuk ke kawasan dangkal yang terdapat di dekat dermaga atau pelabuhan Bawean.

Menurut Ali, Kapal Bahtera dalam kondisi full muatan. Karena itu, muatan kapal berupa tabung gas elpiji diturunkan terlebih dahulu sebelum dievakuasi ke perairan dalam.

“Separuh muatan KM Bahtera diturunkan lebih dulu, baru kemudian mesin kapal dihidupkan dan dibantu perahu nelayan menjaga haluan, alhamdulillah semuanya berhasil dievakuai dengan selamat, tidak ada kerusakan apapun,”tuturnya.

Usai dievakuasi, kapal Natuna Express langsung berangkat menuju Gresik. Sementara KM Bahtera melanjutkan proses bongkar barang di pelabuhan Sangkapura Bawean. (abr)