Kontrak Kapal, Kunjungan Wagub ke Bawean Tuai Kritik

0
3,936 views
Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Wabup Gresik Moh. Qosim menggelar pertemuan dengan nelayan di Pulau Bawean. (Foto: BG/Zr)
Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Wabup Gresik Moh. Qosim menggelar pertemuan dengan nelayan di Pulau Bawean. (Foto: BG/Zr)

BeritaGresi.com – Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berkunjung ke Pulau Bawean, Gresik, Selasa pagi (18/10/2016), dengan mengontrak kapal penumpang yang biasa melayani rute Pelabuhan Gresik ke Pelabuhan Bawean.

Kapal penumpang yang membawa rombongan Wagub tiba di Pulau Bawean sekitar pukul 08.00 Wib. Selain bertemu nelayan yang ada di Pulau Bawean, Wagup juga dijadwalkan berkunjung ke Pondok Pesantren Hasan Jufri.

Namun, kunjungan Gus Ipul ke Pulau Bawean menuai kritik dari sejumlah warga. Pasalnya, warga yang hendak ke Pulau Bawean terpaksa menunda perjalanannya lantaran kapal yang ada dikontrak oleh Rombongan Wagub.

Kritik itu salah satunya disampaikan Awi, warga Bawean tinggal di Surabaya. Menurut dia, pagi ini harusnya kapal Express Bahari melayani warga yang akan ke Pulau Bawean. Namun tertunda karena dipakai rombongan Wagub.

“Banyak rakyat Bawean yang gagal ke Bawean hari ini karena kapalnya di pakai rombongan. Inilah pejabat yang harus di hormati, padahal sudah sangat jelas merugikan, mengorbankan rakyat Bawean,” kata Awi, warga Bawean.

Hal serupa diungkapkan warga Bawean lainnya, Musbaha. Dia menyesalkan tindakan rombongan Wagub yang mengontrak kapal penumpang, karena dapat mengganggu perjalanan warga.

“Kapal EB (Express Bahari) pagi ini dikontrak Wakil Gubernur Jatim bersama rombongan ke Bawean. Kasian amat masyarakat kita yang diperlakukan seperti ini oleh para pemimpin rakyat,” ucap Musbaha. (zr)