Volume Sampah di Gresik Capai 750 m3 Per Hari

0
1,017 views

BeritaGresik.com – Permasalahan sampah bukan hanya terjadi di kota-kota besar saja. Kini sampah sudah menjadi masalah di hampir setiap daerah, termasuk di Gresik.

Bupati Gresik Sambari Halim Ridianto menyebutkan, volume sampah di Kabupaten Gresik mencapai 750 m3 per hari. Sementara tempat pembuangan akhir (TPA) dinilai kurang representatif.

“Memang ke depan TPA di Gresik ini sudah kurang memenuhi syarat. Sehingga kami masih mencari lokasi lain sebagai Tempat pembuangan sementara (TPS),” kata Sambari di Gresik, Jumat (18/9).

Untuk itu, saat ini pihaknya diakui tengah menjajaki kerja sama dengan pihak ketiga untuk mengelola sampah dengan kapasitas atau daya tampung mencapai 1.000 m3 dalam setiap harinya.

Selain itu, tahun ini Pemkab Gresik juga membangun 19 tempat pembuangan sampah sementara di beberapa wilayah atau kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik.

“Pembangunan ini untuk memberikan kemudahan kepada petugas kebersihan dalam melaksanakan tugas kebersihan dibeberapa wilayah,” terang Sambari.

Ke depan, dia juga menekankan agar pengelolaan sampah di Kabupaten Gresik lebih tertata dengan baik. Sehingga sampah bisa dipakai sebagai bahan bakar (RDF), Kompos dan material tanah urug. [wan]